Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
e-Produk
pustaka111
bankpadi
phsl
Varietas
upbs
negara

Kalender Kegiatan

Berita
Sosialisasi SMARTD Komponen A di BPTP Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 23 Juli 2014 14:43

smartdAcara Sosialisasi SMARTD Komponen A di BPTP Lampung dilakukan pada rabu 23 juli 2014 di Kantor BPTP Lampung.

Hadir sebagai pembicara yaitu Dr. Safarudin dari Badan Litbang Pertanian dan Dr. Sumirdi dari BBP2TP.  Acara disambut oleh Kepala BPTP Lampung Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si diikuti oleh  seluruh peneliti dan penyuluh BPTP Lampung.

Sosialisasi tentang Sustainable Management of Agricultural Research and Technology Dissemination (SMARTD) pada Komponen A : Pengembangan dan Pengelolaan SDM.

Tujuan Komponen A yaitu Untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas SDM serta pengembangan manajemen di lingkup Badan Litbang Pertanian. dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan membuka wahana pengetahuan peneliti dan penyuluh dalam memmanfaatkan program SMARTD

LAST_UPDATED2
 
Buka Puasa Bersama BPTP Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 23 Juli 2014 08:24

buka puasa BPTP Lampung mengadakan acara buka puasa  bersama yang dilakukan di Kantor BPTP Lampung di Hajimena.  Acara buka puasa ini dibuka oleh Kasubbag  BPTP Lampung (Drs. Dani Purwadi)

Acara ini dihadiri oleh karyawan-karyawati BPTP Lampung beserta Keluarga.  Acara kemudian diisi dengan tausiah agama dan dilanjutkan dengan sholat magrib bersama.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung melaksanakan buka puasa bersama keluarga besar BPTP Lampung, Purna Bakti dan Anak-anak Panti Asuhan. Kegiatan buka puasa bersama dengan tema” Melalui Buka Puasa Bersama Kita Tingkatkan Tali Silaturahmi Seluruh Keluarga Besar BPTP Lampung.

LAST_UPDATED2
 
Bimbingan sumber dan akses informasi untuk peneliti/penyuluh BPTP Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Senin, 21 Juli 2014 10:45

BPTP Lampung bekerjasama dengan Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian melakukan pelatihan bimbingan sumber dan akses informasi untuk peneliti/penyuluh di BPTP Lampung.  Acara dibuka oleh Kasi KSPP BPTP Lampung Agung Lasmono, SP dan diikuti oleh peneliti, penyuluh.

Acara bimbingan ini diisi oleh Pustakawan Sudarno, A.Md  dan Sariful.  Peneliti dan penyuluh dilibatkan dalam pendaftaran penggunaan user id dalam menggunakan aplikasi online dari website : www.sciencedirect.com dan www.springer.com.

Dengan adanya penggunaakn aplikasi majalah online ini diharapkan peneliti penyuluh akan menerimah makalah dan artikel online yang berguna untuk pembangunan pertanian.

 
KP Masgar Kembangkan Bawang Merah PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 11 Juli 2014 13:35

budidaya bawang merah lampungKP Masgar mengembangkan bawang merah hasil penelitian Badan Litbang Pertanian ,Varietas yang ditanam saat ini adalah bima, katumi, mentes, dan pikatan yang merupakan varietas yang dihasilkan balitsa. KP masgar merupakan eks BIP. berada di lokasi yang strategis di jalan lintas sumatera sekitar 30 km dari kantor BPTP Lampung.

Tanaman bawang merah sudah pada  tahap ke dua penanaman berupa varietas bima, katumi, mentes, dan pikatan. Bawang yang dihasilkan digunakan untuk perbenihan.

selain bawang merah, KP Masgar juga mengembangkan display tanaman bawang daun. penanaman bawang daun dilakukan dipekarangan KP Masgar. Bawang daun ditanam di Pot dan dilahan.  Display ini mendukung program M-KRPL. KP Masgar juga membuat display tanaman papaya merah delima.  Pepaya ini merupakan varietas keluaran badan litbang pertanian.  Pepaya merah delima ini berkembang dengan baik di KP Masgar yang berada di dataran rendah.

LAST_UPDATED2
 
MKRPL : Tanaman Seledri dan Daun Bawang untuk Lebaran PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Senin, 07 Juli 2014 14:23

mkrpl tanggamus sayuranM-KRPL Pesawaran dan Tanggamus telah berkembang luas kemassyarakat dan berjalan dengan baik.  Hal ini ditinjau Kepala BPTP Lampung dalam melakukan monitoring dan evaluasi Program MKRPL yang dilakukan Kepala BPTP Lampung Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si dan Penanggung jawab MKRPL Prov. Lampung Dra. Alvi Yani, M.Si.

Lokasi yang dikunjungi adalah MKRPL di Kabupaten tanggamus di Desa Campang dan di Kabupaten Pesawaran.  Pemantauan pada lokasi M-KRPL untuk monitoring dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan dan sarana untuk menerima umpan balik.

MKRPl di Kabupatem tanggamus Desa Campang telah kembang dengan baik. Dari 25 koperator pada tahun 2013 telah bereplikasi menjadi 100 orang pada tahun 2014 yang ikut menerapkan KRPL.  Begitu juga dengan  KBD telah berjalan dengan baik dengan memenuhi kebutuhan bibit anggota dan menjual bibit diluar kooperator.  Tanaman yang banyak ditanam koperator saat ini adalah daun seledri dan daun bawang karena harga jual tinggi disaat menjelang Lebaran.

MKRPL di Pesawaran juga telah berjalan denga nbaik dengan tanaman kooperator yang telah berkembang di pekarangan.  Tanaman yang dikembangkan telah berorientasi penjualan hasil dengan banyak yang menanam cabai merah, seledri dan daun bawang dengan harapan menjual di saat Lebaran.  orientasi penanaman di lokasi M-KRPL tidak hanya pada untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga tetapi sudah berorientasi profit sehingga meningkatkan pendapatan rumah tangga.

mkrpl sayuran

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com