Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka111
katam
e-Produk
Varietas
negara
phsl
upbs

Kalender Kegiatan

Berita
Sepuluh Peternak Sapi Perah Ikuti Pelatihan di Selandia Baru PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Senin, 01 September 2014 10:09

sapi 2014Sebanyak sepuluh orang peternak sapi perah dari berbagai daerah di Indonesia dan dua orang penyuluh peternakan pada Sabtu (30/8/2014) lalu mengikuti program beasiswa Fonterra Dairy Scholarship di Taratahi Agricultural Training Centre di Masterton, Selandia Baru.

"Pelatihan ini merupakan kesempatan emas bagi para peternak sapi perah Indonesia untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan teknologi serta cara-cara terbaik yang dikembangkan oleh Selandia Baru dalam pengelolaan peternakan sapi perah," kata Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Jose Tavares dalam siaran persnya, Minggu (31/8/2014).

Pengetahuan ini kemudian dapat diterapkan di Indonesia dan disebarluaskan kepada peternak lainnya.

Fonterra sendiri berkomitmen untuk melanjutkan pelatihan ini untuk dua tahun ke depan. Hal ini diyakini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya peningkatan produksi susu di Indonesia.

Menurut data Asosiasi Peternak Sapi Perah Selandia Baru, Dairy NZ, populasi sapi perah di Selandia Baru pada tahun 2012 mencapai 4,6 juta ekor dan sampai akhir Juni 2012 produksi susu mencapai 19,1 miliar liter.

Program beasiswa pelatihan ini atas kerjasama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI dengan Fonterra, Koperasi Susu Multinasional Selandia Baru.

Pelatihan berlangsung selama 12 minggu dalam tiga tahap di Indonesia dan Selandia Baru. Sebelum tiba di Selandia Baru, para peserta telah menyelesaikan pelatihan tahap pertama di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Batu Raden Jawa Tengah.

Bagian awal tahap kedua pelatihan di Selandia Baru telah dilaksanakan di Peternakan Sapi Perah terbesar milik Fonterra di Te Rapa, Waikato, dan melanjutkan pelatihan di Pusat Pelatihan Taratahi.

Setelah menyelesaikan pelatihan selama dua minggu di Taratahi, para peserta menghabiskan waktu selama dua minggu lagi di Universitas Massey guna mempelajari produksi susu berkualitas, pakan berkualitas, manajemen ternak serta sistem peternakan yang sehat dan efisien.

Pada tahap ketiga para peserta akan kembali ke Balai Pelatihan Batu Raden untuk lebih memperdalam pengetahuan yang diperoleh terutama terkait penerapannya di Indonesia. (MTVN)

 

Sumber : Lampung Post

LAST_UPDATED2
 
Kepengurusan Baru Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sutra BPTP LAmpung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 27 Agustus 2014 14:36

rat koperasiDalam RAT ini dipilih pimpinan sidang Dede Rohaya dilakukan aporan Pertanggungjawaban disampaikan oleh pengurus KPRI “Sutra” per 31 Desember 2013 oleh Ketua KPRI Sutra (Agung Lasmono, SP). Kemudian dilanjutkan dengan laporan Badan pengawas (BP) oleh Saliah, SE.

Setelah melalui diskusi dan tanggapan Anggota dan pengurus KPRI maka Pertanggungjawaban Pengurus  KPRI Sutra tahun buku tahun 2013 diterima.

Pemilihan pengurus yang baru dilakukan dengan menghasilkan keputusan yaitu Ketua : Ibu Saliah, Sekretaris : Ibu Hestiana Karyati, Bendahara : Yulis Aisyah.  Untuk badan pengawas  terpilih ketua bapak  Firdausil A.Y.,  dan anggota yaitu Bapak Jumadi, dan Ibu Herna Suhartin.

RAT KPRI sutra telah berjalan dengan baik dengan mendapat banyak masukan dan saran untuk membangun Perkoperasian KPRI Sutra sehingga membawa kesejateraan lebih lagi kepada anggotanya.

LAST_UPDATED2
 
Taspen Sosialisasikan Hak dan Kewajiban PNS BPTP Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Selasa, 26 Agustus 2014 16:08

taspenSosialisasi Tabungan Pensiun (Taspen) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung  pada tangggal 26 Agustus 2014 di Kantor BPTP Lampung di Hajimena, Bandar Lampung. Acara Ini dibuka oleh Kasubag TU Drs. Dani Purwadi.

Sosialisasi Tabungan Pensiun ini baru  diadakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung. Aadapun tujuan dari sosialisasi ini adalah Agar semua Karyawan-karyawati  PNS dan pensiunan mengetahui hak dan kewajibannya dalam asuransi sosial yang dikelola oleh PT Taspen (Persero).

Sebagai Narasumber, Bapak Samsuri, selaku kepala cabang PT Taspen (persero) Lampung menjelaskan tentang hak – hak dan kewajiban PT Taspen (persero) terhadap PNS yang terdaftar sebagai nasabah.

Beliau menjelaskan ada tiga tahap dalam penyerahan hak PNS, yaitu ketika aktif menjadi PNS, berhenti menjadi PNS, dan ketika Pensiun. Begitupun halnya dengan kewajiban PNS kepada PT Taspen (persero).

Pak Samsuri juga menjelaskan beberapa kemudahan pelayanan PT Taspen (persero) diantaranya yaitu, layanan mobil Taspen (mobtas), layanan satu jam, dan taspen life. PNS khususnya pegawai di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung dapat mengakses website PT Taspen (persero) di www.taspen.com untuk kemudahan PNS.

LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang Pemasyarakatan Inovasi Indo Jarwo Transplanter PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 21 Agustus 2014 10:27

temu indo jarwoTemu Lapang ini dilaksanakan di Kecamatan Raman Utara, Desa Rejoasri.  Acara dibuka oleh Kepala BPTP Lampung yang diwakili oleh Agung Lasmono, SP.  Acara diikuti Perwakilan Kepala Dinas Pertanian TPH prov. Lampung, Kepala Sekretariat Bakorluh, Kepa Dinas TPH Lampung Tengah,dan Kepala BP4K Lampung Tengah.

Temu Lapang ini merupakan bagian dari Desiminasi inovasi terbaru badan litbang, Ir. Kiswanto, MP dalam Kegiatan Pemasyarakatan Inovasi Indo Jarwo Transplanter dalam Mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) di Kabupaten Lampung  Tengah.

Sistem tanam jajar legowo merupakan salah satu rekayasa teknogi telah menjadi program pemerintah untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan produksitivitas padi untuk mendukung Program P2BN. Dengan pertimbangan berbagai hal tersebut, Badan Litbang Pertanian telah mengitroduksikan mesin tanam padi jajar legowo 2 : 1 yang diberi nama Indo Jarwo Transplanter 2 : 1.

Keungulan mesin Indo Jarwo Transplanter tersebut antara lain (1) dapat mempercepat waktu tanam, menurunkan biaya tanam , (2) mengatasi kelangkaan tenaga kerja tanam, (3) menggunakan tenaga kerja cukup 2 orang, (4) menekan biaya produksi dan lebih efisien, (5) mudah dioperasionalkan, (6) jarak dan kedalaman tanam seragam sehingga pertumbuhan tanaman dapat optimal dan seragam.

Hasil ubinan demplot dilakukan perbandingan tanaman dengan menanam varietas inpari 28 dengan cara tanam yang berbeda menunjukan dengan tanam melalui mesin Indojarwo meningkatkan produksi padi. Cara tanam tegel manual menghasilkan 4,094 ton/ha GKP, jejer legowo 2:1 manual sebesar 4,49 ton/ha GKP, jejer legowo 2:1 dengan mesin tanam indojarwo translanter sebesar 5,595 ton/ha GKP.

LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang Kedelai kegiatan UPBS Kedelai BPTP lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Selasa, 19 Agustus 2014 09:07

temu upbsKegiatan  Temu Lapang UPBS Kedelai di laksanakan pada Tanggal 18 Agustus 2014 di desa Rukti Sediyo kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung- Timur, acara ini terselenggara atas kerjasama Gapoktan dan BPTP Lampung  yang didukung juga oleh PT Biotis.  Temu lapang ini bertema “dengan menanam varietas Gepak Kuning, Kita Tingkatkan Produktivitas mendukung Percepatan swasembada Kedelai Nasional”.

Acara Temu lapang ini di hadiri oleh, Kepala BPTP Lampung beserta Tim , Perwakilan Kepala Dinas TPH Provinsi Lampung, Wakil Kepala Dinas BP4K Lampung Timur, Kepala BP3K kecamatan Raman utara, Penyuluh, Kapolsek, Damramil, KelompokTani dan petani Penangkar kedelai

Varitas  kedelai yang  di taman di desa Rukti sediyo adalah Varitas Gepak kuning  dengan luas  seluas 4 ha. Prokduktivitas ubinan yang dicapai   mencapai 1,7 ton perhektar. Kendala yang di hadapi petani saat ini adalah adanya serangan hama tikus yang mencapai sekitar 25 %.

Dalam sambutan nya kepala Balai BPTP lampung Dr.Ir, Arifin Rivai,M.Si  menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam atas kerjasama petani kedelai dengan BPTP lampung yang merespon kegiatan ini dengan baik.

Begitu juga dengan intansi terkait seperti dinas pertanian kab lampung Timur, BP4K, BP3K dan penyuluh pendamping serta teman-teman dari PT Biotis.  Pengembangan kedelai dapat terlaksana dengan baik dan mendapat memproduksi benih kedelai yang baik  pula.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com