Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
katam
negara
e-Produk
pustaka111
upbs
Varietas
bankpadi

Kalender Kegiatan

Berita
Kunjungan SMK Negeri 1 Pakuan ke KP Natar PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 18 September 2014 14:52

kp natarSMK Negeri 1 Pakuan Ratu melakukan kunjungan  ke Kebun Percobaan Natar BPTP Lampung. Acara kunjungan dibuka oleh Plh. Kasie KSPP BPTP Lampung Edwin Herdiansyah, SP.  Beliau menyambut dan menerima kunjungan sebagai bagaian dalam membangun pendidikan pertanian di Lampung.

Dikenalkan  koleksi tanaman lada, vanili, kopi, sayuran, tanaman toga yang menjadi visitor plot BPTP Lampung.  Fasilitas mesin dan alat pertanian juga dikenalkan dalam penggunaan teknologi pertanian.

Ayam KUB yang dikembangkan menjadi fokus yang menarik bagi perhatian siswa dan Guru SMK Negeri 1 Pakuan Ratu.  Mereka tertarik untuk mengembangkan di sekolahnya.

Dalam penutupan Kepala sekolah SMK Negeri 1 Pakuan Ratu mengucapkan terimakasih atas dukungan BPTP Lampung meningkatkan Pendidikan Pertanian.  Beliau berharap kegiatan ini akan terus dilakukan pada masa yang akan datang.

 
BPTP Lampung Kembangkan Pembibitan Varietas Lada Natar 1 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 11 September 2014 07:53

varietas lada natarVarietas lada Natar 1 ini merupakan hasil seleksi varietas Belantung dari  Lampung. Varietas lada Natar 1 telah diketahui mempunyai beberapa keunggulan antara lain :

1. mempunyai adaptasi terhadap cekaman air sedang,

2. cekaman terhadap terhadap kelebihan air sedang,

3. toleran terhadap hama penggerek batang dan penyakit BPB, dan

4. mempunyai potensi produksi lada hitam sampai 4 ton per hektar.


BPTP Lampung telah mengembangkan pembibitan varietas Lada Natar 1 ini.  BPTP Lampung juga telah melakukan pengujian terhadap varietas lada ini.

penyebarluasan dan pendiseminasian varietas ini dikembangkan juga Pembibitan dan Visitor plot Lada Natar-1yang berada di Kebun Percobaan Natar di Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

LAST_UPDATED2
 
BPTP Lampung Kirim Tujuh Pemakalah PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Selasa, 09 September 2014 20:14

temu bogorDalam membina dan memperluas pengetahuan jabatan fungsional  pegawainya, BPTP Lampung ikut aktif  dalam Temu Teknis Jabatan Fungsional Non Peneliti Tahun 2014.  BPTP Lampung  menugaskan tujuh orang karyawan-karyawati sebagai pemakalah dalam Temu Teknis Jabatan Fungsional  Non Peneliti.  Jumlah pemakalah cukup banyak dari BPTP Lampung seperti tahun sebelumnya.

Acara ini  berlangsung selama 2 hari dari tanggal 8-9 September 2014 di Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Bogor.  Acara sendiri dibuka oleh Sekretaris Badan Libang Pertanian dan dihadiri oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian.  Temu teknis ini bertemakan “Peran jabatan fungsional tertentu Non Peneliti dalam Mendukung Kurva Kedua Badan Litbang Pertanian”.

 
Pameran Memperingati Hakteknas ke 19 di Provinsi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 03 September 2014 12:10

pameranBPTP Lampung menggelar pameran memperingati Hakteknas ke 19 di Provinsi Lampung. Pameran ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasioanal Provinsi Lampung.

BPTP Lampung dalam pameran ini juga  menampilkan hasil teknologi dan produk-produknya. Dalam pameran tersebut BPTP Lampung menampilkan benih UPBS BPTP Lampung berupa benih-benih padi Inpari, dan Inpara.

Buku-buku teknologi , leaflet, dan film tentang  budidaya padi, jagung, pisang, kakao, lada, dan berbagai tanaman spesifik lokasi juga ditampilkan. Hadir ikut mengunjungi stan pameran BPTP Lampung yaitu Sekda Provinsi Lampung.

Beberapa teknologi yang dikenalkan yaitu system tanam jejer legowo 2:1 dan penggunaan indojarwo transpalanter.  Diseminasi teknologi dan  produk-produk Badan Litbang diharapkaan dapat berkembang dengan cepat di seluruh Provinsi Lampung.

LAST_UPDATED2
 
Sepuluh Peternak Sapi Perah Ikuti Pelatihan di Selandia Baru PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Senin, 01 September 2014 10:09

sapi 2014Sebanyak sepuluh orang peternak sapi perah dari berbagai daerah di Indonesia dan dua orang penyuluh peternakan pada Sabtu (30/8/2014) lalu mengikuti program beasiswa Fonterra Dairy Scholarship di Taratahi Agricultural Training Centre di Masterton, Selandia Baru.

"Pelatihan ini merupakan kesempatan emas bagi para peternak sapi perah Indonesia untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan teknologi serta cara-cara terbaik yang dikembangkan oleh Selandia Baru dalam pengelolaan peternakan sapi perah," kata Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Jose Tavares dalam siaran persnya, Minggu (31/8/2014).

Pengetahuan ini kemudian dapat diterapkan di Indonesia dan disebarluaskan kepada peternak lainnya.

Fonterra sendiri berkomitmen untuk melanjutkan pelatihan ini untuk dua tahun ke depan. Hal ini diyakini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya peningkatan produksi susu di Indonesia.

Menurut data Asosiasi Peternak Sapi Perah Selandia Baru, Dairy NZ, populasi sapi perah di Selandia Baru pada tahun 2012 mencapai 4,6 juta ekor dan sampai akhir Juni 2012 produksi susu mencapai 19,1 miliar liter.

Program beasiswa pelatihan ini atas kerjasama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI dengan Fonterra, Koperasi Susu Multinasional Selandia Baru.

Pelatihan berlangsung selama 12 minggu dalam tiga tahap di Indonesia dan Selandia Baru. Sebelum tiba di Selandia Baru, para peserta telah menyelesaikan pelatihan tahap pertama di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Batu Raden Jawa Tengah.

Bagian awal tahap kedua pelatihan di Selandia Baru telah dilaksanakan di Peternakan Sapi Perah terbesar milik Fonterra di Te Rapa, Waikato, dan melanjutkan pelatihan di Pusat Pelatihan Taratahi.

Setelah menyelesaikan pelatihan selama dua minggu di Taratahi, para peserta menghabiskan waktu selama dua minggu lagi di Universitas Massey guna mempelajari produksi susu berkualitas, pakan berkualitas, manajemen ternak serta sistem peternakan yang sehat dan efisien.

Pada tahap ketiga para peserta akan kembali ke Balai Pelatihan Batu Raden untuk lebih memperdalam pengetahuan yang diperoleh terutama terkait penerapannya di Indonesia. (MTVN)

 

Sumber : Lampung Post

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com