Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upbs
Varietas
phsl
pustaka111
katam
negara
bankpadi

Kalender Kegiatan

Berita
Akhir Kerjasama Pengembangan Padi Hibrida Indonesia-China di Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Selasa, 02 April 2013 17:04

Perpisahan Kerjasama Padi Hibrida  Indonesia-ChinaAkhir dari kegiatan kerjasama pengembangan padi hibrida antara Pemerintah China dengan Kementerian Pertanian RI yang dilaksanakan di Provinsi Lampung ditandai dalam acara perpisahan pada tanggal 2 April 2013 di Kebun Percobaan Natar, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir dalam acara perpisahan ini kepal BPTP Lampung Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP didampingi oleh Penanggung jawab Kegiatan Kerjasama Pendampingan Padi hibrida China di Lampung Ir. Robet Asnawi, MP dan Staf KSPP bidang kerjasama Fauziah Adriyani, SP, Msi.

Dalam sambutannya kepala BPTP Lampung menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang baik yang telah dilakukan selama ini dalam pengembangan padi hibrida.  Begitu juga sambutan dari Mr. Wang Chuntoo sebagai perwakilan Pemerinta China juga mengucapkan banyak trimakasih dan merasa senang atas kerjasama dan dukungan yang telah dilakukan BPTP Lampung selama ini dalam Kerjasama pengembangan padi Hibrida Indonesia-China.

Tim kerjasama dari China ini dilakukan oleh peneliti dari China yaitu Mr. Wang Chuntoo, Liu Yingtie, dan Yang Kuming dalam kesempatan ini diberikan apresiasi berupa sertifikat penghargaan dari Kepala BPTP Lampung atas dedikasinya selama ini.

Kegiatan kerjasama pengembangan padi hibrida mulai sejak 2011, sudah berjalan hampir 3 tahun.  aktivitas yang sudah lakukan yaitu: 1) percobaan hasil kombinasi padi hibrida dari China. 2) Uji adaptasi dan multilokasi  varietas padi dari china.  3) Perakitan padi hibrida  kerjasama Indonesia-China.  4) Pengembangan demontrasi plot padi hibrida.  5) Pelatihan staff BPTP Lampung, peneliti dan stakholder lain. 6) pengembangan laboratorium dan sarana pendukung lainnya di Kebun percobaan Natar.

 



 

< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 
Panen Padi Hibrida China PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Robet A.   
Selasa, 26 Maret 2013 12:00

panen padi hibrida chinaDetik-detik akhir kegiatan kerjasama pengembangan padi hibrida antara Pemerintah China dengan Kementerian Pertanian RI yang dilaksanakan di Provinsi Lampung ditandai dengan panen padi hibrida produk China dan Indonesia. Panen dilakukan pada  lahan sawah petani di Desa Negaratu Kecamatan Natar, Lampung Selatan pada  tangal 11 Maret yang lalu.

Panen dilakukan oleh Kepala BPTP Lampung (Dr. Joko Susilo Utomo), Perwakilan Pemerintah China (Mr. Yang), Penjab Kegiatan Kerjasama Pendampingan Padi hibrida China di Lampung (Ir. Robet Asnawi, M.Si). Panen juga dihadiri oleh Kasubag TU BPTP Lampung (Ir. Jamhari HP, MP) dan Staf KSPP (Fauziah Adriyani, SP, MSi), dan petani padi sawah di sekitar lokasi kegiatan.

Menurut  Ir. Robet Asnawi, M.Si, hasil panen padi hibrida asal China CIHR-805 menghasilkan 11,4 ton GKP atau meningkat 29,30% dibandingkan padi varietas Ciherang yang di tanam di sekitar areal kegiatan, sedangkan varietas TEJ asal Indonesia lebih tinggi lagi dan mencapai 12,27 ton/ha GKP atau meningkat sebesar 39,13% dibandingkan padi varietas Ciherang yang di tanam di sekitar areal kegiatan.

 

 

 

 


 

< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 
Penandatanganan Kontrak dan Koordinasi PMT PUAP Provinsi Lampung 2013 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 21 Maret 2013 22:58

BPTP Lampung sebagai sekretariat PUAP provinsi lampung melakukan koordinasi penyelia mitra tani (PMT) provinsi lampung pada 19 maret 2013.  dalam acara ini dilakukan penandatangannan kontrak kerja PMT PUAP tahun 2013 yang diikuti seluruh PMT dari seluruh kabupaten kota di Provinsi Lampung.

Penandatanganan ini  disaksikan langsung oleh Kepala BPTP Lampung Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP dan didampingi Ir. Jamhari Hadipurwanta, serta perwakilan dari Balai Pelatihan Penyuluh (BPP) Lampung. Dengan telah ditandatanganinya kontrak tahun 2013, PMT PUAP Provinsi lampung diharapkan dapan bekerja dengan baik dan melakukan pembinaan terhadap Gapoktan penerima PUAP di wilayah binaannya.

 

 


 

< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 
Tepung Pisang Meningkatkan Pendapatan Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Rabu, 13 Maret 2013 11:16

tepung pisang di lampungPisang termasuk buah tropika yang produksinya melimpah saat panen raya  khususnya  di daerah Lampung.  Seperti halnya komoditas hortikultura lainnya, pisang tidak memiliki daya simpan yang lama sedangkan upaya mengolah pisang terbatas pada jenis makanan seperti pisang goreng, kolak dan sale. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan alternatif pengolahan lain yang dapat memberikan nilai tambah yaitu mengolah pisang menjadi tepung pisang. Sebagai produk setengah jadi tepung pisang dapat digunakan sebagai formula kue, substitusi terigu dan makanan bayi

Hasil pengkajian yang dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung  menunjukkan bahwa dari beberapa jenis pisang yang banyak dibudidayakan di Provinsi Lampung yaitu pisang janten, pisang muli, raja nangka dan kepok manado, pisang raja nangka merupakan pisang yang paling baik untuk diolah menjadi tepung pisang.  Berdasarkan aspek rendemen (20-21%), total kandungan gula (4,985%), preferensi kesukaan konsumen, ketersediaan bahan baku dan dari aspek ekonomi. Tepung yang dihasilkan dari pisang raja nangka memiliki warna, tekstur dan aroma yang paling disukai oleh konsumen.  Dari hasil analisis finansial usaha pembuatan tepung pisang raja nangka dapat memberikan nilai tambah > 15 % dengan  B/C ratio 1,40, yang menunjukkan usaha pembuatan tepung pisang layak untuk dikembangkan. Berikut Teknik Pembuatan Tepung Pisang.

Teknologi pembuatan tepung pisang sederhana, tidak perlu biaya besar, tahan disimpan, mengandung zat gizi yang cukup beragam dan tentunya menguntungkan Produk olahan tidak terbatas pada pembuatan tepung saja tetapi dengan diversifikasi produk olahan lanjutan antara lain roti, cake, kue kering, kue lapis, puding dan makanan bayi.  Dengan teknologi pembuatan tepung pisang membuka peluang bagi masyarakat di wilayah sentra produksi pisang seperti di Provinsi Lampung untuk menambah pendapatannya.

 

 

 


< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Teknologi Padi Hibrida PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 27 Februari 2013 20:16

pelatihan teknologi padi hibrida di LampungRangkaian kegiatan kerjasama antara Pemerinta china dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.  Tim ahli padi Hibrida China bersama BPTP Lampung mengadakan pelatihan kepada petani dan petugas lapangan tentang “Teknologi Padi Hibrida”.  Kegiatan dilaksanakan dengan di Bandara Sofyan Hotel Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 25-27 Februari 2013.

Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2013 yang dibuka oleh Kepala BPTP Lampung Ir. Joko Susilo Utomo, MP, Ph.D.,  Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa produktifitas padi hibrida cukup tinggi, tetapi  dengan teknologi  dan input yang dipakai pada padi hibrida berbeda dengan padi inbrida.

Koordinator kerjasama Mr. Li Haotong juga memberikan sambutan, beliau mengucapkan terimakasih dan semoga dengan pelatihan ini Tim padi Hibrida dari China dan BPTP Lampung dapat menjadi pundasi yang kuat dalam peningkatan produktifitas padi hibrida.  Tim telah 6 musim melakukan kerjasama teknis dalam  penelitian dan demontrasi padi hibrida, ujar beliau.

Penanggungjawab Pengawalan Pengembangan Padi Hibrida di Lampung kerjasama Indonesia-China Ir. Robet Asnawi, M.Si menyampaikan prospek padi hibrida tinggi dapat mencapai produktifitas 7,6-10,2 ton/ha. Pelatihan teknologi budaya padi hibrida diisi oleh pembicara dari tim ahli padi hibrida China, Tim ahli BPTP Lampung, dan Tim Kerjasama.

Materi yang diberikan tentang perkembangan dan prospek padi hibrida di Indonesia disampaikan oleh Ir. Robet Asnawi, M.Si, budidaya padi hibrida oleh Ir. Junita Barus, M.Si ,  Penjelasan dan teknologi budidaya padi hibrida varietas LP6/ CIHR 805 oleh Mr. Wang , dan Hama penyakit tanaman padi oleh Ir. Firdausil Akhyar Ben, MS. yang dimoderatori oleh Ir. Bambang Wijayanto, MP. Dalam pelatihan ini , peserta melakukan kunjungan lapang ke lokasi demontrasi plot padi hibrida varieatas LP6/CIHR 805 di Kecamatan Natar.

 

 


 

< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com