Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
negara
katam
upbs
bankpadi
pustaka111
Varietas
e-Produk

Kalender Kegiatan

Berita
Stan Pameran Badan Litbang Menjadi Juara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Selasa, 03 Juli 2012 18:30
Stan Pameran Badan Litbang menjadi juara kedua dalam pameran Temu Teknis dan Temu Karya (Jambore) Penyuluh Pertanian 2012. Pameran yang dilaksanakan dilapangan Mulyojati , Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung pada tanggal 27-30 Juni 2012. Hal ini sudah diduga sebelumnya dengan tampilan dan isi stan yang menarik disertai dengan banyaknya pengunjung yang mendatangi stan Badan Litbang Pertanian.

BPTP Lampung yang berada dibawah bendera Badan Litbang telah mempersiapkan pameran itu dari jauh-jauh hari sebelumnya. Persiapanyang matang ini menjadikan stan Badan Litbang ini menjadi menarik dan mendapat juara kedua. Stan diisi berbagai produk Badan Litbang Pertanian dari BPTP Lampung, BPTP Banten, BPTP Jakarta, Balit Tanah, dan lainnya.

Stan Badan Litbang ini mengusung tema Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL). Dalam stan ini ditunjukkan rumah pangan lestari yang memanfaatkan pekarangan secra lestari dengan tanaman sayuran, buah-buahan, biofarmaka, dan Ikan. Selain itu dipamerkan juga produk Badan Litbang berupa padi Varietas Inpari dan Inpara. Pengunjung juga dapat mencicipi langsung rasa nasi dari varietas Inpari 13, 10, dan Inpara 5. Produk-produk olahan yang merupakan hasil binaan BPTP Lampung juga dihadirkan dipameran ini berupa keripik pisang aneka rasa, sirup pala, tepung jagung, krupuk jagung, brownis jagung, dodol jagung, kako fermentasi.
LAST_UPDATED2
 
Penghargaan Menteri Pertanian Kepada Gubernur Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Senin, 02 Juli 2012 10:24
Menteri Pertanian memberikan penghargaan kepada Gubernur Lampung karena dinilai peduli atas pengembangan penyuluh pertanian di daerah. Penghargaan serupa juga diberikan kepada enam gubernur lainnya yaitu Gubernur Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Pemberian penghargaan kepada tujuh gubernur ini dilakukan saat puncak acara Temu Teknis dan Temu Karya (Jambore) Penyuluh Pertanian Indonesia. Jambore pertanian Nasional dilaksanakan di Mulyojati, Metro Barat, Kota Metro yang diikuti 4071 peserta dari 33 provinsi se-Indonesia secara resmi ditutup Menteri Pertanian Suswono, Sabtu 30 Juni 2012. Menteri Pertanian Juga meresmikan secara simbolis Balai penyuluhan tingkat kecamatan sebagai pos simpul kordinasi (Posko) pelaksana P2BN.

Menteri Pertanian mengatakan, target utama Kementerian Pertanian 2010-2014 adalah pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan daya saing dan ekspor, peningkatan kesejateraan petani.

Menurut Mentan, Indonesia ini kaya dengan pangan. Karena itu, ia menghimbau penyuluh dan masyarakat untuk menggali sumber pangan potensial di daerahnya masing-masing. Diversifikasi pangan salah satu tujuannya mengurangi konsumsi beras, meskipun produksi beras tetap dijaga. Untuk pengganti beras harus diarahkan pada makanan yang mengandung banyak protein, baik hewani maupun nabati
LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Kepala Badan Litbang Pertanian ke KP Natar, BPTP Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Jumat, 29 Juni 2012 23:49
Kepala Badan Litbang Pertanian pertanian (Dr. Ir. Haryono, MSc) melakukan kunjungan ke Kebun Percobaan (KP) Natar. KP Natar merupakan salah satu kebun percobaan yang dimiliki BPTP Lampung seluas sekitar 60 ha. Kepala Badan Litbang meninjau langsung fasilitas laboratorium teknis dan kemudian meninjau keadaan kebun percobaan Natar.

Kepala Badan Litbang mengatakan bahwa KP Natar berkembang lebih maju dibanding dari tahun sebelumnya hal ini terlihat dengan adanya upaya-upaya memanfaatkan KP ini ujar beliau. Kepala Badan memberikan masukan dan pemikirkan jauh kedepan tentang KP Natar. Kepala Badan pada kesempatan ini meninjau KP Natar dan taman Bogo. Kepala Badan meminta KP Natar untuk direncanakan lebih jauh kedepan, dipetakan kembali mau dipakai apa dengan melihat jauh potensi kedepan pertanian pangan. perencanaannya termasuk melihat potensi kedepannya Lampung, sumatera dan nasional, sehingga KP Natar ini menjadi rujukan nasional, jadi jangan direduksi hanya Lampung.

pada komisi pangan dan pertanian, Agenda pertanian Nasional 2010-2014 fokusnya diarah lahan suboptimal yang antara lain lahan rawa dan lahan kering. Keadaan KP Natar yang berupa lahan Kering cendrung masam bisa menjadi model yang bisa diadopsi diseluruh indonesia. Beliau meminta untuk merencanakan KP Natar ini jauh kedepan, oleh karena itu cara merencanakannya maksimal dan jangan setengah-setengah sehingga KP itu menjadi memang sangat diperlukan. Seperti sejarah pertanian bahwah  bahwa Balit-balit di cimanggu sebelumnya merupakan suatu kebun budidaya pertanian- cimanggu.

Beliau juga menekankan bahwa kegiatan utama litbang itu di kebun. Kepala Badan juga mengatakan bahwa kebun percobaan adalah tulang punggung penelitian, Kantor (balai) diperlukan sebagai manajemen. Dalam kesempatan ini, Beliau juga mengapresiasi kerjasama Indonesia-china pada pengembangan padi hibrida yang dilakukan di KP Natar.
LAST_UPDATED2
 
Pembukaan Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh Pertanian Tahun 2012 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 29 Juni 2012 08:40
Temu teknis dan temu karya (jambore) penyuluh pertanian 2012 dilaksanakan di Kota Metro provinsi lampung yang diiukuti kontingen penyuluh pertanian dari seluruh provinsi di Indonesia. Temu teknis dan temu karya ilmiah ini dilaksanakan di pada tanggal 27-30 Juni 2012. Pembukaan dilakukan secara resmi tanggal 28 Juni 2012 oleh Wakil Menteri Pertanian (Rusman Hermawan). Pembukaan ini dihadiri oleh wakil Gubernur Provinsi Lampung (Joko Umar Said), Wali Kota Metro, Bupati/ Walikota se-provinsi lampung dan pemangku kepentingan lain.

Dalam Sambutannya Wakil Menteri Pertanian menyampaikan pendapat wawasan yang terkait dengan para penyuluh yaitu :
(1) pengetahuan dan sensitifitas penyuluh dalam melihat persoalan yang ada dalam pembangunan pertanian. (2) Kearifan terkaitan berkaitan dengan kemampuan dan terobosan dalam upaya penyelesaikan masalah.
(3) Motivasi yang pantang menyerah walaupun dalam segala keterbatasan yang ada.

Dari tanggal 27 Juni peserta sudah berdatangan dari seluruh Indonesia dan melakukan pendaftaran dan registrasi peserta. Acara yang dilaksanakan pada Jambore pada tanggal 28 Juni berupa pembukaan, seminar dan sosialisasi, dan temu Karya (Festival Karya). Seminar dan sosialisasi yang telah dilaksanakan dengan berbagai judul yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas penyuluh pertanian PNS; Peningkatan kualitas dan kuantitas penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan; Program peningkatan produksi beras Nasional menuju surplus beras 10 juta ton tahun 2014; dan program swasembada daging sapi/kerbau.

Pada Jambore ini juga diadakan pameran pembangunan pertanian. Wakil menteri juga meninjau langsung pameran tersebut. Badan Litbang Pertanian juga ikut berpartisipasi dalam pameran ini. Berbagai produk inovasi Litbang, BPTP Lampung/BPTP daerah lainnya ikut dipamerkan. Rumah pangan lestari menjadi tema utama pada stan Badan Litbang Pertanian.
LAST_UPDATED2
 
Sambutan Hangat Terhadap MKRPL di Kabupaten Tulang Bawang Barat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Agung Lasmono   
Kamis, 21 Juni 2012 16:10
Tim MKRPL Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang di ketuai oleh Dra. Nina Mulyanti telah melakukan kunjungan ke lokasi MKRPL di Desa Daya Murni Lingkungan I Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kehadiran Tim MKRPL tersebut disambut hangat oleh Bapak Githo S.Pd (anggota dewan komisi III DRPD Kab.Tubaba), Bapak Untung W. (Camat Tumijajar), Bapak Irwan Syahroni (Lurah Daya Murni) , Bapak Ali Gufron (PPL Daya Murni), Bapak Yoso Suwarno (RT), Pengurus dan Anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) “Karya Nyata” dan 40 KK koperator KRPL.

Dalam Kunjungan saat itu, Tim MKRPL mempunyai tujuan antara lain (1). memberikan penjelasan mengenai kelembagaan dan pembentukan KBD (Kebun Bibit Desa), (2). penyerahan alat dan bahan mendukung kegiatan MKRPL, (3). memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos, (4). Serta pengisian kuisiner tentang PPH (Pola Pangan Harapan).

Melalui sambutannya, Bapak Untung W. sebagai Camat Tumijajar menunjukkan antusiasnya terhadap kegiatan MKRPL ini. Secara pribadi pun beliau siap membantu untuk mensukseskan kegiatan MKRPL. “Saya beserta jajaran di kecamatan Tumijajar siap membantu mensukseskan kegiatan MKRPL ini, bahkan kalau ada permasalahan yang mungkin terjadi bisa disampaikan ke kami untuk sama-sama kita carikan solusinya”, demikian kata beliau dalam sambutannya. Selain itu beliau (red.Camat Tumijajar) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BPTP Lampung sebagai Tim MKRPL yang bertugas di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang telah selama ini telah mendampingi, memberikan pengarahan-pengarahan serta pelatihan-pelatihan agar kegiatan KRPL di Desa Daya Murni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat berjalan sukses dan sesuai dengan harapan semua pihak.

Pada kesempatan pertama tim MKRPL menjelaskan mengenai kelembagaan dan pembentukan KBD yang disampaikan oleh Ir.Kiswanto, M.P. Sesi ini juga akhirnya dapat memilih kepengurusan Struktur Organisasi KBD Desa Daya Murni. Adapun struktur kepengurusannya adalah Bapak Bambang Tekad Wahyono sebagai Ketua, Bapak Agus Riyadi sebagai Sekretaris, Bapak Rosto sebagai Bendahara, Bapak Slamet sebagai Seksi Produksi, Bapak Mansyur Suryana sebagai Seksi Pemasaran dan Distribusi, Bapak Suharto sebagai Seksi Sarana dan Prasarana serta Bapak Munadi sebagai Seksi Pelayanan dan Humas. Dengan terbentuknya struktur organisasi KBD desa Daya Murni maka tim MKRPL juga menyerahkan secara simbolik bantuan alat dan bahan yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan MKRPL tersebut. Serah terima diberikan oleh Dra. Nina Mulyanti selaku Koordinator MKRPL Kabupaten Tubaba kepada bapak Bambang Tekad Wahyono selaku Ketua KBD terpilih.

Setelah itu diberikan juga pelatihan mengenai cara pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan promi kepada pengurus KBD terpilih dan 40 KK koperator KRPL yang dibimbing oleh Agung Lasmono, S.P. sebagai anggota Tim KRPL Kab.Tubaba. Diakhir agenda kunjungan tim MKRPL, dilakukan juga pengisian kuisiner mengenai PPH (Pola Pangan Harapan) oleh Zahara S.P. untuk mengetahui pola konsumsi dan tingkat keanekaragaman gizi masyarakat sekitar lokasi MKRPL. 
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com