Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
katam
negara
e-Produk
pustaka111
upbs
Varietas
bankpadi

Kalender Kegiatan

Berita
Pelatihan Teknologi Padi Hibrida PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 27 Februari 2013 20:16

pelatihan teknologi padi hibrida di LampungRangkaian kegiatan kerjasama antara Pemerinta china dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.  Tim ahli padi Hibrida China bersama BPTP Lampung mengadakan pelatihan kepada petani dan petugas lapangan tentang “Teknologi Padi Hibrida”.  Kegiatan dilaksanakan dengan di Bandara Sofyan Hotel Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 25-27 Februari 2013.

Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2013 yang dibuka oleh Kepala BPTP Lampung Ir. Joko Susilo Utomo, MP, Ph.D.,  Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa produktifitas padi hibrida cukup tinggi, tetapi  dengan teknologi  dan input yang dipakai pada padi hibrida berbeda dengan padi inbrida.

Koordinator kerjasama Mr. Li Haotong juga memberikan sambutan, beliau mengucapkan terimakasih dan semoga dengan pelatihan ini Tim padi Hibrida dari China dan BPTP Lampung dapat menjadi pundasi yang kuat dalam peningkatan produktifitas padi hibrida.  Tim telah 6 musim melakukan kerjasama teknis dalam  penelitian dan demontrasi padi hibrida, ujar beliau.

Penanggungjawab Pengawalan Pengembangan Padi Hibrida di Lampung kerjasama Indonesia-China Ir. Robet Asnawi, M.Si menyampaikan prospek padi hibrida tinggi dapat mencapai produktifitas 7,6-10,2 ton/ha. Pelatihan teknologi budaya padi hibrida diisi oleh pembicara dari tim ahli padi hibrida China, Tim ahli BPTP Lampung, dan Tim Kerjasama.

Materi yang diberikan tentang perkembangan dan prospek padi hibrida di Indonesia disampaikan oleh Ir. Robet Asnawi, M.Si, budidaya padi hibrida oleh Ir. Junita Barus, M.Si ,  Penjelasan dan teknologi budidaya padi hibrida varietas LP6/ CIHR 805 oleh Mr. Wang , dan Hama penyakit tanaman padi oleh Ir. Firdausil Akhyar Ben, MS. yang dimoderatori oleh Ir. Bambang Wijayanto, MP. Dalam pelatihan ini , peserta melakukan kunjungan lapang ke lokasi demontrasi plot padi hibrida varieatas LP6/CIHR 805 di Kecamatan Natar.

 

 


 

< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 
Pengumuman Hasil Seleksi Makalah Prosiding 2012 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Senin, 25 Februari 2013 15:28

BPTP LampungSetelah melakukan evaluasi maka BPTP Lampung mengumumkan hasil seleksi daftar makalah prosiding 2012 BPTP Lampung. Makalah diterima dari peneliti, penyuluh dari berbagai instansi untuk menjadi Prosiding Nasional. Makalah Prosiding 2012 yang telah diterima telah dievaluasi oleh tim evaluator.  Berikut Daftar Lampiran karya ilmiah yang diterima dan ditolak.  Daftar Lampiran

 

 

 

 


 

< Sebelumnya
Berikutnya >
LAST_UPDATED2
 
Pelaksanaan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II TA. 2012 Provinsi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 30 Januari 2013 23:48

Pembukaan Workshop UAPPA-B/W diikuti  Sekda Prov. LampungDalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2012 dari opini “Wajar Dengan Pengecualian (WDP)” menjadi “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”. maka dalam rangka hal tersebut di atas Kementerian Pertanian melaksanakan workshop penyusunan LK di 33 Propinsi.

Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun 2012 UAPPA/B-W lingkup Kementerian Pertanian Provinsi Lampung diikuti Operator SAK dan SIMAK BMN pada Tanggal : 21-24 Januari 2013. Workshop akan dilaksanakan di  Hotel Nusantara JI. Soekarno-Hatta No. 50 By Pass, Bandar Lampung.

Workshop ini diikuti 57 Satker UAPPA/B-W lingkup Kementerian Pertanian Provinsi Lampung. Tema Workshop ini adalah “Bekerjasama, Bersinergi Menuju Terwujudnya WTP”.

Workshop ini diikuti oleh sekitar 114 orang yang terdiri dari (a) operator laporan keuangan dan BMN dari seluruh satker lingkup Kemtan Provinsi Lampung, (b) narasumber, baik yang erasal dari Jakarta maupun Bandar Lampung, dan panitia daerah dan pusat. Semua peserta diinapkan di Hotel Nusantara.Sambutan Kepala Sekretariat UAPPA-B/W Prov. Lampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung  hadir dalam memberi sambutan dalam pembukaan workshop penyusunan laporan keuangan tahun 2012 satker lingkup Kementerian Pertanian di Provinsi Lampung. Pemda Provinsi Lampung sangat menaruh perhatian yang besar terhadap pelaksanaan pemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Governance). Pelaporan Keuangan merupakan salah satu indikator dalam pelaksanaan pemerintahan yang baik dan bersih, ungkap Sekda Provinsi Lampung.

LAST_UPDATED2
 
Undangan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 16 Januari 2013 21:21

BPTP Lampung sebagai Sekretariat  UAPPA/B-W Provinsi Lampung  akan mengadakan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Satker dan Wilayah Semester II Tahun 2012.

Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun 2012 UAPPA/B-W lingkup Kementerian Pertanian Provinsi Lampung akan diikuti Operator SAK dan SIMAK BMN pada Tanggal : 21-24 Januari 2013.

Workshop akan dilaksanakan di  Hotel Nusantara JI. Soekarno-Hatta No. 50 By Pass, Bandar Lampung dengan tema “Bekerja sama, Bersinergi Menuju Terwujudnya Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”

Workshop ini akan diikuti 57 Satker UAPPA/B-W lingkup Kementerian Pertanian Provinsi Lampung. Undangan, daftar satker, biodata peserta, dokumen yang diperlukan, jadwal pelaksanaan, dll., dapat dilihat selengkapnya pada lampiran berikut.  daftar lampiran

LAST_UPDATED2
 
Wali Kota Metro Panen di Lokasi M-KRPL Kota Metro PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Sabtu, 12 Januari 2013 21:49

Walikota Metro Panen Di Lokasi M-KRPL MetroWali Kota Metro, Lukman Hakim beserta ibu ketua penggerak PKK Kota Metro melakukan panen tanaman sayuran di lokasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di kelurahan Tejosari-Metro Timur, Kota Metro.  Kehadiran Walikota Metro ke Lokasi M-KRPL disambut hangat dengan parade Drumband SDN 8 Tejosari.  Beberapa Sayuran yang dipanen antara lain timun, terong, bayam dan selada.

Bapak Walikota Metro juga melakukan kunjungan lapang dengan melihat kebun bibit desa (KBD) dan pertanaman warga di Jalan Madukoro.  Dalam sambutannya,  Walikota Metro menyambut baik atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini antara BPTP Lampung dengan Kantor Ketahanan Pangan (KKP) dan kelompok binaan M-KRPL di Kelurahan Tejosari.

Beberapa kali dalam berbagai kesempatan bapak walikota meminta masyarakat untuk memanfaatkan setiap jengkal tanah, dan dalam kegiatan M-KRPL ini terbukti masyarakat dapat memanfaatkan setiap jengkal lahan di pekarangan rumahnya ujar Wali Kota Metro.  Kegiatan M-KRPL ini merupakan sesuatu yang tepat dalam memotivasi masyarakat untuk menyediakan bahan pangan keluarga dengan memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal.

Pada kesempatan tersebut Bapak Kepala Balai Pengkalian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung menyampaikan sambutannya tentang pemanfaatan lahan pekarangan sebagai penyedia pangan keluarga sehingga gizi keluarga dapat ditingkatkan.  Kegiatan ini juga dapat menghemat pengeluaran keluarga dan menambah pendapatan rumah tangga.

Hasil kajian di Kelurahan Tejosari Kota Metro dengan memanfaatkan lahan pekarangan dapat menghemat pengeluaran rumah tangga sebesar Rp. 6.000 – 20.000 per hari. Kegiatan MKRPL merupakan kegiatan dalam rangka menyediakan pangan keluarga yang berasal dari rumah tangga sendiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal.  Pemanfaatan lahan pekarangan ini dapat menghemat pengeluaran serta menambah pendapatan rumah tangga, ungkap Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP.

Beberapa kegiatan pembinaan yang sudah dilakukan tim M-KRPL Metro yaitu pelatihan teknologi seperti pembuatan kompos, penyiapan media tanam, budidaya tanaman sayuran, dan perbenihan. Baru-baru ini juga dilakukan pelatihan penganekaragaman pangan melalui diversifikasi produk olahan, seperti pembuatan nasi goreng pisang, manisan pepaya, getuk goreng dan jely pepaya.

Pada acara tersebut dilakukan juga dialog interaktif dengan nara sumber Bapak Walikota Metro,  Bapak Kepala BPTP Lampung beserta Koordinator Wilayah MKRPL Kota Metro, dan Bapak Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Metro. Berbagai masukan dari masyarakat seperti kekurangan air pada musim kemarau, yang menyebabkan masyarakat kesulitan menanam tanaman di lokasi M-KRPL, ditanggapi oleh Bapak Wali Kota dalam bentuk rencana pembuatan sumur bor dan penyediaan benih sayuran.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com