Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
negara
phsl
katam
e-Produk
pustaka111
bankpadi
upbs

Kalender Kegiatan

Berita
BPTP Lampung Gelar Teknologi dan Perkenalkan Katam PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 11 Oktober 2012 22:28

BPTP Lampung menggelar pameran di kegiatan lokakarya penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan Provinsi Lampung. Lokakarya ini bertema kesiapan penyuluh dalam pengembangan terminal agribisnis sebagai pusat distribusi regional untuk mendukung sistem logistik nasional, di Balai Keratun, Bandar Lampung, pada 9 oktober 2012. Lokakarya ini diisi oleh narasumber Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Wakil dari Kementan, dan Wakil dari Kementerian Perekonomian.  Lokakarya ini dihadiri 600 peserta terdiri dari 414 penyuluh pertanian, 36 penyuluh perikanan, 50 penyuluh kehutanan, dan 100 undangan lainnya.

Dalam Lokakarya yang dihadiri penyuluh dari seluruh provinsi lampung ini, BPTP Lampung berkesempatan memperkenalkan kalender tanam terpadu (Katam).  Ir. Jamhari HadiPurwanta, MP  mempresentasikan tentang Katam dari cara mengakses sampai memperkenalkan tampilan dan kegunaannya.  Setiap kecamatan di provinsi Lampung juga dibagikan CD berisi Katam secara off line.

BPTP Lampung dalam pameran ini juga  menampilkan hasil teknologi dan produk-produknya. Dalam pameran tersebut BPTP Lampung menampilkan benih UPBS BPTP Lampung berupa benih-benih padi Inpari, dan Inpara.  Buku-buku teknologi , leaflet, dan film tentang  budidaya padi, jagung, pisang, kakao, lada, dan berbagai tanaman spesifik lokasi juga ditampilkan. Diseminasi teknologi dan  produk-produk yang di Badan litbang diharapkaan dapat berkembang dengan cepat di seluruh Provinsi Lampung.

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Inovasi Teknologi Pertanian Komoditas Ubi Kayu dan Jagung dalam Mendukung Diversifikasi Pangan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 04 Oktober 2012 22:48

BPTP Lampung melakukan sosialisasi inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi Komoditas ubi kayu dan jagung dalam mendukung diversifikasi pangan di Kabupaten Lampung Timur. Sosialisasi dilaksanakan pada 1 Oktober 2012, bertempat di Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Sosialisasi dihadiri oleh Perwakilan Kepala BPTP Lampung (Ir. Jamhari Hadipurwanta, MP), Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Timur, Kepala BP4K Kabupaten Lampung Timur, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Timur, Penyuluh dan KWT di Kabupaten lampung Timur.

Kabupaten Lampung Timur sebagai penyumbang terbesar Jagung dan Ubi Kayu di Provinsi Lampung dan termasuk termasuk tiga besar produksi nasional.  Kepala BP4K Lampung Timur (Ir. Khairul Amri) sebagai salah satu pembicara menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. beliau mengatakan  Sub sistem pengolahan hasil berperan dalam meningkatkan nilai tambah sehingga meningkatkan pendapatan dan daya saing petani.  Kepala dinas Pertanian Lampung timur yang diwakili oleh sekretaris Dinas Pertanian ( Supriyanto) menyampaikan masalah harga jagung yang rendah saat musim panen solusinya dengan pasca panen.

dalam sosialisasi ini ditampilkan produk olahan pangan dari jagung dan ubi kayu. Produk olahan jagung berupa tepung jagung, krupuk jagung, emping jagung,  dodol jagung, kue bolu jagung, brownis jagung. Produk olahan ubi kayu berupa kripik pisang, mie aci, tiwul, dan lain-lain.  produk olahan tersebut merupakan produksi KWT Bahagia, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur yang merupakaan binaan BPTP Lampung.

Kemudian Acara dilanjutkan dengan pemberian materi yaitu teknologi sistem tanam double row pada usaha ubi kayu disampaikan oleh Ir. Robet Asnawi, M.Si.  Materi tentang Teknologi pengolahan hasil ubi kayu dan jagung disampaikan oleh Ir. Ratna Wylis Arif, MTA.

LAST_UPDATED2
 
Temu Koordinasi PMT PUAP Provinsi lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Sabtu, 22 September 2012 23:06

Koordinasi PUAP MPT Prov. Lampung

Temu Koordinasi PMT PUAP Provinsi lampung dilaksanakan di BPTP lampung pada 20 September 2012. BPTP Lampung sebagai seketariat PUAP Provinsi lampung mengadakan koordinasi PMT PUAD dengan mengundang Penjabat Pembuat komitmen dari Direktorat Pembiayaan Pertanian Drs. Joni Wardi.

Acara di buka oleh Ir, Jamhari Hadipurwanta, MP. sebagai kepala tim program PUAP Provinsi Lampung. Acara ini dihadiri 39 orang PMT dari seluruh kabupaten/kota Di provinsi lampung. Dalam koordinasi ini dibahas dan diberi bimbingan mengenai penyusunan laporan bulanan perkembangan gapoktan penerima BLM PUAP dari tahun 2008-2011.
LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang Dan Lomba Ternak Sapi Kegiatan Kerjasama Aciar LPS 2008/038-Variation PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Reny D.T., Gohan O.M.   
Selasa, 11 September 2012 21:21
Ternak Lomba TubabaBadan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung melakukan kerjasama penelitian dengan Pemerintah Australia melalui Australian Center for International Agricultural Research (ACIAR) LPS/2008/038-VARIATION dengan judul “Improving reproductive performance of cows and performance of fattening cattle in low input systems of Indonesia and northern Australia-Variation” yang bertujuan untuk mengkaji dan meningkatkan sistem pemeliharaan induk-anak dan penggemukan sapi Brahman dan Sapi Bali di perdesaan Indonesia. Untuk Provinsi Lampung kegiatan ini dilaksanakan di 2 (dua) lokasi yaitu di Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Lampung Tengah. Salah satu tujuan khusus dari kegiatan ini adalah mendiseminasikan informasi tentang sistem induk-anak dan usaha penggemukan sapi yang cukup baik di lokasi tersebut yang diadakan dalam bentuk temu lapang dan lomba ternak sapi. Tujuan dari lomba ternak ini adalah untuk memberi motivasi kepada para peternak bagaimana cara beternak sapi yang baik.

Temu lapang dan lomba ternak sapi dilaksanakan pada tanggal 8 September 2012 bertempat di Desa Daya Asri, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Acara temu lapang dan lomba dihadiri oleh Camat Tumijajar (Bapak Untung, SE., MM), Wakil dari Dinas Peternakan dan Perikanan Tulang Bawang Barat (Bapak Ir. Abd. Roni), Kepala Kampung Daya Asri (Bapak Alif Fiantoro), peneliti dari Puslitbangnak Bogor (Dr. Atien Priyanti), peneliti/penyuluh dari BPTP Lampung, para peternak kolaborator dari tiga desa di Tulang Bawang Barat (Desa Daya Asri, Desa Murni Jaya, Desa Pulung Kencana) dan peternak dari Kecamatan Seputih Banyak (drh Ketut Suwendra), serta para ketua kelompok petani ternak sapi di sekitar desa Daya Asri.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Kelompok Tani Sido Nyawah (Bejo Sihono) sebagai tuan rumah dari acara ini. Selanjutnya sambutan diberikan oleh Camat Tumijajar yang dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini akan berdampak khusus terhadap bidang peternakan di Kecamatan Tumijajar. Beliau juga bertekad untuk menjadikan Kecamatan Tumijajar unggul di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian. Sambutan terakhir diberikan oleh Kepala BPTP Lampung (Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP). Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada peternak agar hal-hal yang baik dari kegiatan ini dapat ditiru dan permasalahan yang dihadapi dalam usaha ternak sapi dapat ditanyakan kepada ahlinya. beliau juga menekankan sebaiknya penanaman jagung pada musim tanam kedua karena menjadi sumber pakan ternak guna mendukung produksi ternak dilampung.

Acara diisi dengan diskusi dan berbagi pengalaman peternak sapi untuk mencapai 3S yaitu satu induk sapi dalam satu tahun dapat melahirkan satu pedet. Dr. Akhmad Prabowo menyampaikan cara menjelaskan pemeliharaan dan kelembagaan dalam kelompok. Drh. I Ketut Suwendra menyampaikan peternak menjadi pahlawan sawsembada daging karena mau memelihara dan tidak menjual sapi betina. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan penilaian lomba ternak yang dilakukan oleh 4 orang juri (Dr. Atien Priyanti, Dr. Akhmad Prabowo, drh. I Ketut Suwendra, dan Supardiyono, AMd). Kriteria yang dilombakan adalah indukan yang bisa menghasilkan 3S (satu induk, satu tahun, satu pedet), sapi dara yang bunting, dan sapi pejantan tangguh.

Untuk kategori lomba indukan sapi 3S juara pertama dimenangkan oleh Bapak Harno S. dari Desa Daya Asri dengan hadiah berupa pedet, juara kedua dimenangkan oleh Bapak Suparno dari Desa Daya Asri dengan hadiah berupa Alat Pertanian, juara ketiga dimenangkan oleh Bapak Mugiono dari Desa Pulung Kencana dengan hadiah berupa Alat Pertanian. Untuk kategori sapi dara bunting dimenangkan oleh Bapak Nandon dari Desa Daya Asri dengan hadiah berupa satu ekor kambing jantan, juara kedua dimenangkan oleh Bapak Suroso dari Desa M. Jaya dengan hadiah berupa Alat Pertanian, juara ketiga dimenangkan oleh Bapak Ngatemen dari Desa Daya Asri dengan hadiah berupa alat pertanian. Kategori sapi pejantan tangguh dimenangkan oleh Bapak Harno S. dari Desa Daya Asri dengan hadiah berupa voucher pakan. Diharapkan para pemenang lomba ini dapat dijadikan contoh bagi peternak lainnya dan mengetahui bagaimana memelihara sapi yang baik.
LAST_UPDATED2
 
Halal Bil Halal BPTP Lampung 2012 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 07 September 2012 05:57
Halal Bil Halal Keluarga Besar Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung Tahun 1433 H pada tangggal 5 September 2012 di Kantor BPTP Lampung di Hajimena, Bandar Lampung. Acara Ini dibuka oleh Kepala BPTP Lampung ( Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP). Kegiatan Halal Bil Halal ini bertema “ mari raih kemenangan di hari fitri dengan bersilaturrahim dan saling memaafkan”. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 200 undangan terdiri atas Karyawan/Karyawati dan Purnabakti BPTP Lampung, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Sekretariat Bakorluh, Kepala BPP, Kepala Balai Karantina di Propinsi Lampung, serta pejabat lainnya, dan Tim Kerjasama Indonesia-China dalam penelitian padi hibrida.

Dalam sambutan kepala BPTP Lampung ( Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP) atas nama BPTP Lampung memohon maaf kepada stake holder jika ada kekurangan dan khilaf yang diperbuat, serta mengajak mempererat simpul silaturrahim. Dalam acara ini juga dilaksanakan pelepasan purnabakti dan pemberian cinderamata pada purnabakti. Acara dilanjutkan dengan Tausiah agama yang disampaikan oleh Ustadz Komarudin Bisri. Acara diakhiri dengan saling bermaaf-maafan, dan makan siang. Acara Halal Bil Halal BPTP Lampung 2012 berlangsung dengan hikmat, penuh rasa kekeluargaan dan kegembiraan
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com