Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Varietas
negara
phsl
katam
e-Produk
pustaka111
bankpadi

Kalender Kegiatan

Berita
Pengelola Website Sang "Connecting Technology" PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Minggu, 27 Oktober 2013 23:35

teknologi informasi komputerBEKASI – Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono membuka Apresiasi dan Workshop Pengelolaan Tengnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Hotel Horison, Bekasi, beberapa saat yang  lalu (26/10/2013).

Seluruh peserta terdiri dari penanggung jawab  dan pengelola website UPT Badan Litbang Pertanian dari seluruh Indonesia mendapat pengarahan langsung dari Kepala Badan Litbang Pertanian.

Dalam sambutannya Dr. Haryono menyampaikan bahwa Disiplin dalam mengelola conten website merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk menampilkan website yang baik dan berprestasi.

Teknologi dari lembaga penelitian untuk sampai kepada pengguna dengan cepat diperlukan sistem informasi menggunakan teknologi informasi berbasis website.

Pengelola website diharapkan menjadi penghubung antara sumber teknologi dengan pengguna, karenanya pengelola website lingkup badan Litbang Pertanian layak disebut “Connecting Technology” atau “Connecting user” ujar beliau.

Pelaksanaan apresiasi dan workshop pengelolaan TIK ini diharapkan dapat memajukan website Badan Litbang Pertanian dan meningkatkan webometrick.

LAST_UPDATED2
 
Usaha Pembuatan Tepung Pisang Menambah Pendapatan Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Jumat, 25 Oktober 2013 22:16

Pisang termasuk buah tropika yang produksinya melimpah saat panen raya  khususnya  di daerah Lampung.  Seperti halnya komoditas hortikultura lainnya, pisang tidak memiliki daya simpan yang lama sedangkan upaya mengolah pisang terbatas pada jenis makanan seperti pisang goreng, kolak dan sale. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan alternatif pengolahan lain yang dapat memberikan nilai tambah yaitu mengolah pisang menjadi tepung pisang. Sebagai produk setengah jadi tepung pisang dapat digunakan sebagai formula kue, substitusi terigu dan makanan bayi

Hasil pengkajian yang dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung  menunjukkan bahwa dari beberapa jenis pisang yang banyak dibudidayakan di Provinsi Lampung yaitu pisang janten, pisang muli, raja nangka dan kepok manado, pisang raja nangka merupakan pisang yang paling baik untuk diolah menjadi tepung pisang.  Berdasarkan aspek rendemen (20-21%), total kandungan gula (4,985%), preferensi kesukaan konsumen, ketersediaan bahan baku dan dari aspek ekonomi. Tepung yang dihasilkan dari pisang raja nangka memiliki warna, tekstur dan aroma yang paling disukai oleh konsumen. Berikut Teknik Pembuatan Tepung Pisang. Dari hasil analisis finansial usaha pembuatan tepung pisang raja nangka dapat memberikan nilai tambah > 15 % dengan  B/C ratio 1,40, yang menunjukkan usaha pembuatan tepung pisang layak untuk dikembangkan.

Teknologi pembuatan tepung pisang sederhana, tidak perlu biaya besar, tahan disimpan, mengandung zat gizi yang cukup beragam dan tentunya menguntungkan Produk olahan tidak terbatas pada pembuatan tepung saja tetapi dengan diversifikasi produk olahan lanjutan antara lain roti, cake, kue kering, kue lapis, puding dan makanan bayi.  Dengan teknologi pembuatan tepung pisang membuka peluang bagi masyarakat di wilayah sentra produksi pisang seperti di Provinsi Lampung untuk menambah pendapatannya.

 
Padi Varietas Inpari 13 Capai potensial hasil tinggi 8,0 t GKP/ha PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Kamis, 24 Oktober 2013 21:40

padi inpariPadi Inpari 13 berumur sangat genjah, dipanen umur 103 hari, berbatang tegak, tinggi tanaman 101 cm, jumlah anakan produktif 17 batang rumpun.

Inpari 13 potensial hasil tinggi 8,0 t GKP/ha, beradaptasi pada ekosistem sawah dan lahan tadah hujan, pada dataran rendah sampai 600 m dpl. Tingkat kerontokan gabah sedang, tekstur nasi pulen dengan kandungan amilosa 22,40 % tahan penyakit blas dan wereng coklat.

Kehadiran varietas padi inbrida potensial digunakanb sebagai padi berumur genjah dan produktivitasnya tinggi. Berpotensial dikembangkan oleh industry benih dalam rangka mensukseskan program surplus 10 juta ton beras.

LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Teknologi Kegiatan Pendampingan KRPL di Provinsi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Jumat, 18 Oktober 2013 13:45

Pelatihan teknologi pada kegiatan pendampingan KRPL di Provinsi Lampung.   Pelatihan dilaksanakan di tiga lokasi di Kabupaten Lampung Selatan, Kota Metro, Kab. Tanggamus. Peserta yaitu penyuluh Pendamping KRPL dan pengurus KWT Peserta KRPL yang berasal dari seluruh kabupaten di provinsi lampung.

materi disampaikan oleh peneliti di Lampung Selatan BPTP meliputi :

a)    Pengendalian hama penyakit tanaman sayuran dengan menggunakan pestisida nabati (Ir. Firdausil AB, MS;

b)    Konsep M-KRPL/pengelolaan KBD dan KBI (Dra. Alvi Yani, M.Si);

c)    Teknologi hasil olahan ubikayu dan ubijalar (Dra. Alvi Yani, M.Si);

d)    Teknologi pembuatan kompos dan Mikroorganisme lokal (MOL) oleh Ir. Junita barus, M.Si.

Materi disampaikan oleh peneliti BPTP di Kab. Tanggamus meliputi :

a)    Pengendalian hama penyakit tanaman sayuran dengan menggunakan pestisida nabati

b)    Metode Perhitungan Pola Pangan Harapan  (Ir. Nasriati, MP);

c)    Budidaya hemat air ( Dr. Ir. Bariot Hafif, M.Sc),

d)    Teknologi Budidaya Ayam Buras KUB ( Reny D Tambunan, SPt, M.Sc),

e)    Teknologi pembuatan kompos dan Mikroorganisme lokal (MOL) oleh Ir. Junita Barus, M.Si.

Materi disampaikan oleh peneliti  di Kota Metro BPTP meliputi :

a)    Pengendalian hama penyakit tanaman sayuran dengan menggunakan pestisida nabati (Ir. Firdausil AB, MS;

b)    teknologi , Pengemasan, desain dan Pelabelan produk pangan  (Dra. Alvi Yani, M.Si);

c)    (c)Teknologi hasil olahan ubikayu dan ubijalar (Dra. Alvi Yani, M.Si);

d)    Budidaya hemat air ( Dr. Ir. Bariot Hafif, M.Sc),

e)    teknologi pembuatan kompos dan Mikroorganisme lokal (MOL) oleh Ir. Junita Barus,M.Si.

Khusus untuk pembuatan kompos dilakukan praktek dengan bahan jerami dan kotoran ternak dengan aktivator promi. Khusus untuk Pelatihan teknologi di Metro ini diliput dan disiarkan melalui media TVRI Lampung.  Pendampingan teknologi KRPL sangat dibutuhkan dan diharapkan dan berlanjut di masa yang akan datang.

LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Standar Internasional di BPTP Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Kamis, 03 Oktober 2013 12:59

pelatihan ilmiah aciarPelatihan penulisan karya ilmiah standar internasional dilakukan di BPTP Lampung pada tanggal 3 Oktober 2013. Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara BPTP Lampung dengan Aciar (Australian Centre for International Agricultural Research). Pelatihan ini diikuti oleh peneliti dan penyuluh BPTP Lampung.

Pelatihan dibuka oleh Ir. Reny Debora Tambunan, M.Sc sebagai Perwakilan Kerjasama BPTP Lampung dengan Aciar. Kemudian Materi Pelatihan Penulisan karya ilmiah standar internasional disampaikan oleh Dr. Dianne Mayberry sebagai Pilot Project dari Aciar.

Pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah ini sesuai dengan standar internasional yang biasa dipakai dalam konferensi ilmiah. Selain itu dibahas juga mengenai  teknik pemilihan dan pengiriman karya tulis ilmiah ke jurnal internasional.

Kemudian dilakukan diskusi dan berbagi pengalaman terhadap karya tulis ilmiah.  diharapkan dengan pelatihan ini membuat peningkatan  sumberdaya manusia.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com