Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka111
upbs
Varietas
bankpadi
phsl
katam
negara

Kalender Kegiatan

Berita
Pelatihan Guru Pertanian SD-SMP Binaan Yayasan Pendidikan Astra-MDR PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Selasa, 18 Februari 2014 11:37

pelatihan guru astra bptp lampungBPTP Lampung bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Astra-MDR melakukan Pelatihan Guru Pertanian SD-SMP.  Pelatihan guru SD-SMP binaan YPA-MDR dihadiri oleh 24 guru yang berasal dari 12 SD-SMP di kecamatan Merbau Mataram dan Tanjung Sari, perwakilan dari YPA-MDR Rudi Christanto. Pelatihan ini acara dibuka oleh Kasie KSPP BPTP Lampung Agung Lasmono, SP.  Kegiatan ini dilaksanakan di Bapelkes, Bandar Lampung pada tanggal 15-16 Februari 2014.

Pada hari pertama dilakukan pelatihan kepada guru-guru pengajar mulok pertanian berupa materi Budidaya Tanaman Perkebunan (Kopi, Kakao dan Lada), Budidaya Tanaman Pangan (Padi, Jagung dan Ubikayu), Pupuk dan Pemupukan (Organik dan Anorganik), Budidaya Ternak (Ruminansia Besar, Ruminansia Kecil dan Unggas), Pascapanen Peternakan dan Pakan Lokal.

Pada hari kedua diberikan materi tentang Pertanian Organik, PHT, dan Pestisida Nabati, Budidaya Sayuran dan Pemanfaatan Pekarangan, Pascapanen Tanaman Pangan dan Sayuran, Pemasaran dan Strategi Pemasaran Produk Pertanian.

Acara kemudian diakhiri dengan Field Trip ke Kebun Percobaaan Natar BPTP Lampung untuk melihat tanaman Koleksi Tanaman perkebunan, Budidaya Sayuran, pengolahan hasil, pembibitan dan budidaya ayam KUB.

LAST_UPDATED2
 
Tranformasi Laboratorium dan Kebun Percobaan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Minggu, 09 Februari 2014 21:41

kepala badan litbang rapimLampung– Setelah Kepala Badan Pertanian Dr. Haryono melakukan kunjungan Lapang Ke PT Great Giant Pineapple (GGPC) yang merupakan salah satu perkebunan nanas di Provinsi Lampung.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono mengadakan Rapan Pimpinan (Rapim) di Kebun Percobaan Natar BPTP Lampung.  Rapat ini dilakukan bersama dengan seluruh Kapus Badan Litbang Pertanian.

Beliau  meminta  untuk pengembangan Kebun Percoban harus ada Bisnis Plan.  Bertranformasi pada fisik laboratorium dan kebun percobaan.  Pembangunan laboratorium dan Kebun Percobaan harus diimbangi tranformasi SDM di Balit, BPTP, dan Loka.

Kepala BPTP Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si sebagai tuan rumah juga mengenalkan kegiatan dan rencana pengembangan kebun Percobaan Natar.

Rapim diakhiri dengan kunjungan lapang disekitar KP Natar dengan meninjau tanaman koleksi, aktivitas penelitian, dan Peternakan ayam KUB.

Dalam arahannya Kepala Badan juga mengingatkan supaya dalam bekerja harus memiliki niat yang tulus, konsistensi upaya, dan berdoa.

LAST_UPDATED2
 
Berdayakan Kebun Percobaan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Jumat, 07 Februari 2014 20:49

Lampung(7/2/2104) - Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono. Melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung.  Salah satu kegiatan yang dilakukannya yaitu mengunjungi Kebun Percobaan Tegineneng.  Kebun Percobaan Tegineneng merupakan salah satu Kebun percobaan yang dimiliki BPTP Lampung.  Acara ini dihadiri oleh Peneliti dan Penyuluh dari BPTP Lampung.

Kepala Badan menyampaikan Kegiatan penelitian  pertanian yang bersifat lapangan sebaiknya mencapai 60%, kegiatan penelitian pertanian perkantoran (konsep)  mencapai 10-20 persen sedangkan sisanya bersifat pertemuan di hotel/ gedung pertemuan.

Kegiatan penelitian pertanian yang berupa konsep di kantor telah mapan dan  luar biasa banyaknya, oleh karena itu perlu dikembangkan lebih ke pertanian lapang yang salah satunya melalui pemberdayaan kebun percobaan.

Beliau juga menegaskan supaya peneliti muda dan senior untuk lebih sering terjun ke kebun percobaan, bahkan menyarankan untuk tinggal di kebun percobaan.

 
BPTP Lampung Koordinasikan Program dengan BP4K Lampung Selatan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Selasa, 28 Januari 2014 20:48

Bandar lampung- BPTP Lampung menerima kunjungan Kerja dari BP4K Kabupaten lampung Selatan.  BPTP Lampung dan BP4K Lampung Selatan melakukan kooordinasi dengan instansi sehubungan dengan akan dimulainya pelaksannaan program kegiatan tahun 2014.

Acara kordinasi dilakukan di Aula BPTP Lampung pada 28 Januari 2014, yang dibuka oleh Kepala BPTP yang diwakili oleh Drs. Dani Purwadi.  Kemudian dilanjutkan penyampainan Profile BPTP Lampung yang disampaikan oleh Kasi KSPP BPTP Lampung Agung Lasmono, SP.

Kepala BP4K Lampung Selatan Ir. Noviar Akmal beserta Sekretaris Badan dan Kepala Bidang dari  BP4K Lampung Selatan, melakukan koordinasi Program dan Kegiatan Tahun 2014 dengan BPTP Lampung.

Koordinasi ini dilanjutkan dengan diskusi yang diikuti oleh peneliti dan penyuluh dari BPTP Lampung.  Dengan adanya koordinasi dan singkronisasi berbagai program antar instansi terkait diharapkan dapat mempercepat pembangun pertanian.

 
PEMBUKAAN KONSOLIDASI LAPORAN KEUANGAN KEMENTAN DI PROVINSI LAMPUNG PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Jumat, 17 Januari 2014 18:01

pembukaan konsolidasi uappa bw lampungDalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2013 dari opini “Wajar Dengan Pengecualian (WDP)” menjadi “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” dan sesuai dengan kontrak kerja antara Menteri Pertanian RI dengan Presiden RI, bahwa Kementerian Pertanian harus mendapat opini WTP dari BPK-RI atas Laporan Keuangan Tahun 2013.

BPTP Lampung Sebagai Kepala Sekretariat UAPPA/B-W Provinsi Lampung melakukan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian. Acara ini diikuti oleh 44 Satker Lingkup Kementerian Pertanian di Provinsi Lampung.

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung Ir. Joko Umar Said, MM. Beliau meyambut baik konsolidasi ini dan mendorong dinas-dinas untuk memperhatikan penyusunan laporan ini dengan sebaik-baiknya dan memberikan apresiasi kepada operator-operator yang menyusun laporan ini.

Kepala BPTP Lampung Sebagai Kepala Sekretariat UAPPA/B-W Provinsi Lampung Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si memberikan ucapan selamat datang dalam pembukaan konsolidasi ini.  tema kegiatan kali ini  ”Menuju Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2013 dengan Kualitas Terbaik” ujar beliau.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian yang disampaikan oleh Kepala Biro Perlengkapan dan Keuangan Kementerian Pertanian H. Firmauidin, SE.Ak menyampaikan Kementerian Pertanian melaksanakan Konsolidasi Laporan Keuangan di 33 Propinsi selama  dua tahap masing – masing selama 3 – 5 hari dengan melibatkan seluruh stakeholders di bidang pelaporan keuangan di masing-masing Provinsi dan Pusat.

Beliau juga mengajak semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan Kementerian Pertanian untuk menaruh perhatian yang lebih serius dalam pelaksanaan konsolidasi guna tercapainya kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian yang lebih baik, sehingga mendapatkan opini “Wajar Tanpa Pengecualian”.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com