Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
phsl
negara
pustaka111
Varietas
katam
upbs
bankpadi

Kalender Kegiatan

Berita
Temu Lapang PTT Padi Kabupaten Lampung Selatan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 14 Agustus 2013 14:32

 padi inpari 7Display PTT Padi Kabupaten Lampung Selatan dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Bintang, Desa Jati Baru. Kegiatan ini merupakan salah satu metode diseminasi inovasi teknologi pertanian khususnya komoditas Padi. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung sebagai penyedia teknologi, Dinas Pertanian dan Perkebuanan Kab. Lampung Selatan sebagai leading sektor, dan BP4K Kab. Lampung Selatan sebagai pelaksana lapangan.

Pada acara Temu Lapang tersebut dilakukan panen raya varietas unggul baru (VUB)  Inpari di lokasi Display oleh Kepala BPTP Lampung Dr. Joko Susilo Utomo MP, Kepala Dinas Pertanian Kab. Lampung Selatan, Kepala BP4K Kabupaten Lampung Selatan Bpk. Samuel H. Tanjung, dan Camat Tanjung Bintang.  Kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 undangan terdiri atas petani, petugas penyuluh, dan peneliti.

Temu lapang PTT padi dilaksanakan di Kec.Tanjung Bintang pada tanggal 13 Agustus 2013. Temu lapang ini dibuka oleh  Kepala BPTP Lampung (Dr. Ir. Joko Susilo Utomu, MP), dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwah BPTP lampung bagian badan Litbang Pertanian yang ditempatkan di Provinsi Lampung bertugas mengembangkan hasil-hasil penelitian Badan Litbang salah satunya berupa Varietas unggul baru padi yang dicobakan di display PTT Padi ini, Kalender Tanam, dll.

Kordinator pelaksana SL-PTT Padi Kabupaten Lampung Selatan Dr. Ir. Yulia Pujiharti, M.Si memberikan laporan dan penjelasan pelaksanaan display PTT padi ini dilaksanakan di musim gaduh.  Inovasi teknologi yang diterapkan pada areal display PTT padi antara lain penanaman varietas unggul baru padi Inpari 7 dan Inpari 10, pemupukan berimbang dengan dosis 150 kg Urea/ha, 300 kg/ha Ponska dan pupuk organik 2 ton/ha, umur bibit 18 hari,  serta penerapan pola tanam jejer legowo 2:1 jarak tanam (25 cm x 25 cm) x 50 cm  Hasil ubinan menunjukan produksi padi varietas Inpari 10 dengan jejer legowo 2:1 sebanyak 7 ton/ ha setelah dihitung dengan faktor koreksi 0,8 menjadi 5,6 ton/ha  dan Inpari 7 dengan pola tanam jejer legowo 2:1 sebesar 5,36 ton/ha GKP setelah dihitung dengan faktor koreksi 0,8 menjadi 4,28 ton/ha.

LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang Demarea PHUN dan Dispalay PTT Padi Provinsi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 02 Agustus 2013 12:13

PHUN LampungPupuk hayati adalah kelompok jenis pupuk dengan bahan aktif mikroba yang bermanfaat bagi tanaman, baik untuk penambahan jumlah N tanah, Pelepasan N tanah, maupun untuk peningkatan efisiensi penggunaan pupuk kimia.  Pupuk Hayati Unggul Nasional biasa disingkat PHUN telah memiliki beberapa jenis yang dihasilkan lembaga Penelitian atau universitas.  Jenis PHUN yang dipakai pada demarea di Provinsi Lampung  yaitu Biovam, Probio, Agrimeth, Remicr.

Temu  Lapang Demarea PHUN dan Dispalay PTT Padi Provinsi Lampung dilaksanakan di  Kabupaten Lampung Tengah di  Kecamatan Trimurjo, Kampung Untoro.   Acara dibuka oleh Kepala BPTP Lampung  Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP.

Hadir dalam acara tersebut undangan dari Kapuslitbangtan Bpk. Nyoman Widiarta, Peneliti Puslitbangtan, Ka. Dinas Pertanian TPH Provinsi Lampung,  Ass. IV Sedda Kab Lamteng, Kasek Bakorluh, Ka. BP4K lamteng, Komite inovasi Nasional (KIN), Camat Trimurjo.  Acara diikuti oleh peneliti, penyuluh dan petani kooperator.

Demarea dilakukan di Kampung Untoro dengan kooperator sebanyak 39 petani.  Petani merupakan anggota Gapoktan Subur Makmur Kampung Untoro, Kec. Trimurjo Lampung Tengah.  Pada kesempatan ini dilakukan panen perdana yang dilakukan secara simbolis di lokasi demarea.

Kordinator pelaksana Demarea PHUN  Ir. Robet Asnawi, M.Si dan Penanggung Jawab Display PTT Padi Kabupaten Lampung  Tengah  Ir. Kiswanto, MP  memberikan laporan dan penjelasan pelaksanaan Kegiatan ini.  Panen dan Ubinan dilaksanakan di lokasi Displai PTT Padi dengan PHUN Biovam didapat hasil rata-rata 6,29 ton/ha dan non PHUN dengan penerapan PTT 5,77 ton/ha.   Varietas yang digunakan adalah Inpari 10, Jejer legowo 2:1, pemupukan berimbang, bibit muda 18 hari, dengan 1-2 bibit/lubang tanam.

LAST_UPDATED2
 
varietas INPARI 10 LAEYA PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Senin, 29 Juli 2013 15:47

inpari 10Padi varietas INPARI 10 LAEYA  termasuk padi sawah tadah hujan, berumur genjah 108-116 hari bertipe tanaman tegak, tanaman ini mempunyai tinggi 100-120 cm . bentuk gabah ramping panjang, warna gabah kuning bersih, bobot gabah 27.4 g/1000 butir. Jumlah anakan produktif 16 ± 3 anakan/rumpun. Produksi rata-rata 5,08 ton GKG/ha.

Keunggulan varietas padi ini cocok ditanam lahan tadah hujan dengan sedang pengairan satu minggu. Tekstur nasi pulen dengan kandungan amilosa 22 %. Agak tahan lama wereng batang cokelat biotipe 1 dan 2, agak tahan penyakit HDB strain III.

Potensi pengembangan dan komersialisasi varietas ini sangat cocok di kembangkan pada daerah-daerah yang sering mengalami kekeringan, memiliki karakteristik mutu gabah dan mutu beras seperti ciherang.

 
Temu Lapang PTT Padi Kabupaten Lampung Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 26 Juli 2013 15:39

Temu Lapang PTT Padi Lampung TimurPada acara Temu Lapang tersebut dilakukan panen raya varietas unggul baru (VUB)  Inpari di lokasi Display oleh Kepala BPTP Lampung Dr. Joko Susilo Utomo MP, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Lampung Timur yang diwakili oleh Kabid PLA Novalia, SP, MM., Kepala BP4K Kabupaten Lampung Timur Ir. Chairul Amri, MAP, Kabid Informasi dan Teknologi BP4K Lampung Timur H. Danuri, SP, Kepala BP3K Kecamatan Pekalongan M. Nuh Yusuf.  Kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 undangan terdiri atas petani, Gapoktan, penyuluh pertanian lapangan, dan peneliti BPTP Lampung.

Display PTT Padi, yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Timur di Kecamatan Pekalongan, Desa Sidodadi. Sawah yang digunakan merupakan sawah teknis bukaan baru. Kegiatan ini merupakan salah satu metode diseminasi inovasi teknologi pertanian khususnya komoditas Padi. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung sebagai penyedia teknologi, Dinas Pertanian dan Perkebuanan Kab. Lampung Timur sebagai leading sektor, dan BP4K Kab. Lampung Timur sebagai pelaksana lapangan dan BP3K Pekalongan.

Temu lapang PTT padi dilaksanakan di Kec. Pekalongan pada tanggal 25 Juli 2013. Temu lapang ini dibuka oleh  Kepala BPTP Lampung (Dr. Ir. Joko Susilo Utomu, MP), dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwah BPTP lampung bagian badan Litbang Pertanian yang ditempatkan di Provinsi Lampug bertugas mengembangkan hasil-hasil penelitian Badan Litbang salah satunya berupa Varietas unggul baru padi yang dicobakan di display PTT Padi ini.

Kordinator pelaksana Display PTT Padi Kabupaten Lampung Timur Ir. Bambang Wijayanto, MP  memberikan laporan dan penjelasan pelaksanaan display PTT padi.  Inovasi teknologi yang diterapkan pada areal display PTT padi antara lain penanaman varietas unggul baru padi Inpari 10 dan Inpari 7 dengan menggunakan pemupukan berimbang. Hasil ubinan menunjukan produksi padi dimusim Gadu varietas Inpari 10 sebesar 4,52 ton/ha GKP,  Inpari 7 sebanyak 4,25 ton/ha GKP dan sebagai Pembanding adalah varietas Janu dengan produktivitas 4 ton/ha GKP.

LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang PTT Padi Kabupaten Pringsewu PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 24 Juli 2013 15:49

temu lapang pringsewuDisplay PTT Padi, yang dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu di Kecamatan Gading Rejo, Desa Wono Asri. Kegiatan ini merupakan salah satu metode diseminasi inovasi teknologi pertanian khususnya komoditas Padi. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung sebagai penyedia teknologi, Dinas Pertanian dan Perkebuanan Kab. Pringsewu sebagai leading sektor, dan BP4K Kab. Lampung Tengah sebagai pelaksana lapangan.

Pada acara Temu Lapang tersebut dilakukan panen raya varietas unggul baru (VUB)  Inpari di lokasi Display oleh Kepala BPTP Lampung Dr. Joko Susilo Utomo MP, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebuanan Kab. Pringsewu, Kepala BP4K Kabupaten Pringsewu, dan Camat Gading Rejo.  Kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 undangan terdiri atas petani, petugas penyuluh, dan peneliti.

Temu lapang PTT padi dilaksanakan di Kec. Gading Rejo pada tanggal 24 Juli 2013. Temu lapang ini dibuka oleh  Kepala BPTP Lampung (Dr. Ir. Joko Susilo Utomu, MP), dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwah BPTP lampung bagian badan Litbang Pertanian yang ditempatkan di Provinsi Lampug bertugas mengembangkan hasil-hasil penelitian Badan Litbang salah satunya berupa Varietas unggul baru padi yang dicobakan di display PTT Padi ini.

Kordinator pelaksana SL-PTT Padi Kabupaten Preingsewu Ir. Amrizal memberikan laporan dan penjelasan pelaksanaan display PTT padi.  Inovasi teknologi yang diterapkan pada areal display PTT padi antara lain penanaman varietas unggul baru padi Inpari 7 dan Inpari 16, pemupukan berimbang dan pupuk organik, serta penerapan pola tanam jejer legowo 2:1 dan 4:1.  Hasil ubinan menunjukan produksi padi varietas Inpari 7 dengan jejer legowo 2:1 sebanyak 9,5 ton/ha dan Inpari 15 dengan pola tanam jejer legowo 2:1 sebesar 9,68 ton/ha GKP.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com